Wacanaa Kelola Zakat seperti Pajak, Baznas Berikan Dukungan

(Sabtu, 2 September 2017) -

Badan Amil Zakat Nasional melalui Direktur Kajian Strategisnya ungkapkan dukungannya jika pemerintah akan mengelola zakat di Indonesia seperti sistem pengelolaan pajak.

Financial.id, Jakarta. Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menyatakan sikap setujunya dengan ide Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yang menginginkan agar pengelolaan zakat dapat dilakukan seperti sistem pajak.


Demikian dikatakan Direktur Pusat Kajian Strategis Baznas Irfan Syauki Beik, Sabtu (2/9). Irfan menjelaskan, hal tersebut akan membawa kemajuan pada pengelolaa zakat di Tanah Air.


Irfan menyampaikan, jika pengelolaan zakat dapat terwujud seperti pajak, maka poteni yang ada mencapai Rp 217 triliun. Menurut Irfan, dengan begitu dapat membantu pemerintah mengurangi tekanan defisit APBN.


“Untuk mendukung penerapannya nanti, pemerintah dapat mendorong kampanye zakat agar sampai pada masyarakat. Penting juga membangun kesadaran masyarakat terhadap kewajiban zakat,” tutur Irfan.


Irfan berharap dengan wacana ingin diubahnya sistem zakat seperti pajak, dapat membantu mengatasi pengetasan kemiskinan di Indonesia.


Saat ini, ungkap Irfan, Baznas sudah mengusulkan ke pemerintah untuk mengeluarkan Instruksi Presiden (Inpres) mengenai pengelolaan menyoal penghimpunan dan penyaluran zakat melalui pemotongan gaji pegawai pemerintah. 


“Jika bisa dilakukan, dana yang dapat terkumpul sebanyak Rp 20 triliun per tahun. Belum termasuk zakat dari perusahaan atau BUMN,” ujar Irfan. (eng/cr)


Sumber : Financial.id

COMMENTS
LEAVE A REPLY
Name *
Email *
Website
Comment