Tingkatkan Mutu GCG, OJK Laksanakan ARA Tahun 2016

(Kamis, 21 September 2017) -

OJK bersama beberapa lembaga lainnya melaksanakan Annual Report Award 2016 untuk mendorong penerapan prinsip Good Corporated Governance pada perusahaan-perusahaan di Indonesia. 

Financial.id, Jakarta. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggelar Annual Report Award (ARA) Tahun 2016, di Jakarta, Selasa (19/9). OJK menggandeng Kemenkeu, BI, BEI, Ditjen Pajak, Komite Nasional Kebijakan Governance serta Ikatan Akuntan Indonesia dalam pelaksanaan ARA Tahun 2016.


Dalam ARA Tahun 2016, perusahaan-perusahaan di Indonesia dinilai laporan tahunannya kemudian diberi saran rekomendasi untuk perbaikan internal perusahaan. 


Penilaiannya dilakukan berdasarkan data publik untuk mengukur keterbukaan informasi laporan tahunan yang sesuai dengan ketentuan dan pedoman berlaku agar disajikan secara relevan dan wajar. 


Dengan begitu, diharapkan segala informasi mengenai perusahaan akan terbuka dan masing-masing dapat mempraktikan prinsip-prinsip Good Coorporate Governance. Tercatat, sebanyak 301 perusahaan umum dan 13 dana pensiun menjadi peserta ARA Tahun 2016. 


Sedangkan pembagian kategorinya adalah BUMN Non Keuangan Non Listed, BUMN Non Keuangan Listed, BUMN Keuangan Non Listed, BUMN Keuangan Listed, Private Non Keuangan Non Listed, Private Non Keuangan Listed, Private Keuangan Non Listed, Private Keuangan Listed? BUMD Non Listed, BUMD Listed serta Dana Pensiun.


Proses penjurian ARA Tahun 2016 terdiri dari dua tahap, pertama, penilaian secara kuantitatif lalu kedua yaitu wawancara.  


Dewan Juri terdiri dari praktisi, pengamat ekonomi dan pasar modal dan akademisi. Hal ini dilakukan agar integritas serta kualitas penialaian ARA Tahun 2016 tetap terjaga. (eng/cr)


Sumber : Financial.id

COMMENTS
LEAVE A REPLY
Name *
Email *
Website
Comment