Satgas Waspada Investasi Temukan Sebelas Lembaga Diduga Ilegal

(Minggu, 10 September 2017) -

Satgas Waspada Investasi akan mengumpulkan dan menindaklanjuti sebelas lembaga yang terindikasi investasi bodong. 

Financial.id, Jakarta. Satuan Tugas Waspada Investasi akan memanggil sebelas lembaga yang diduga melakukan praktik investasi ilegal. Hal tersebut setelah Satuan Tugas Waspada Investasi menganalisis kinerja kesebelas lembaga tersebut.


“Tanggal 19 September kami akan mengumpulkan sebelas lembaga yang terindikasi investasi bodong. Analisis kami, lembaga-lembaga tersebut tidak ada izinnya,” ujar Ketua Satuan Tugas Waspada Investasi Tongam Lumban Tobing, di Bogor, Jawa Barat, kemarin.


Tongam mengatakan, dari kesebelas lembaga tersebut, banyak yang bergerak di entitas investasi uang dan perdagangan. Sisanya di jasa multi level marketing (MLM).


“Sebelas lembaga tersebut terdapat di beberapa daerah, namun paling banyak di Pulau Jawa,” ucap Tongam.


Tongam mengungkapkan, setelah sebelas lembaga investasi diduga ilegal dikumpulkan, kemudian akan diberhentikan operasionalnya. Satuan Tugas Waspada Investasi lalu melaporkan hasil pemeriksaannya ke pihak kepolisian untuk ditindaklanjuti proses hukumnya.


Setelah itu, tutur Tongam, Satuan Tugas Waspada Investasi mengirim daftar nama sebelas lembaga diduga melakukan praktik investasi ilegal itu ke Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk meminta pemblokiran situsnya.


Tongam menjelaskan, analisis yang dilakukan selama ini merupakan laporan yang masuk melalui individu serta lembaga, berbagai media sosial seperti Facebook, Whatsapp dan lain sebagainya. (eng/cr)


Sumber : Financial.id

COMMENTS
LEAVE A REPLY
Name *
Email *
Website
Comment