Satelit Terganggu, OJK Pastikan Layanan Perbankan Tetap Aman

(Senin, 28 Agustus 2017) -

"ATM yang terkena dampak hanya ATM yang menggunakan jaringan melalui VSAT ke satelit T-1 di beberapa daerah. Sementara jaringan kantor bank yang umumnya sudah terhubung dengan fiber optic (jaringan teristerial) tetap beroperasi dan melayani masyarakat dengan baik," kata Plt. Deputi Komisioner Manajemen Strategis dan Logistik OJK Anto Prabowo



Jakarta (Financial News) - Meski dikabarkan terjadi gangguan satelit Telkom T-1, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memastikan layanan nasabah perbankan tidak terganggu karena hanya beberapa bank saja yang mengalami dampak akibat kerusakan itu.

"ATM yang terkena dampak hanya ATM yang menggunakan jaringan melalui VSAT ke satelit T-1 di beberapa daerah. Sementara jaringan kantor bank yang umumnya sudah terhubung dengan fiber optic (jaringan teristerial) tetap beroperasi dan melayani masyarakat dengan baik," kata Plt. Deputi Komisioner Manajemen Strategis dan Logistik OJK Anto Prabowo dalam siaran pers yang diterima Financial News, Senin (28/8) di Jakarta.

Hingga saat ini OJK dan Bank Indonesia terus berkoordinasi dengan pihak Telkom untuk langkah mitigasi agar seluruh layanan perbankan segera dapat beroperasi normal sepenuhnya.

OJK juga meminta bank melakukan mitigasi dan komunikasi publik melalui sarana komunikasi bank yang dapat dihubungi oleh nasabahnya.
 
“Masyarakat diminta untuk melakukan konfirmasi kepada call-center bank jika menemui kesulitan dan tidak mudah percaya dengan berita yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” kata Anto Prabowo.

Sebagaimana diketahui, sejumlah jaringan ATM pada sejumlah bank terkena dampak kerusakan satelit Telkom T-1 sejak Jumat (25/8). Pantauan Financial News dilapangan, banyak masyarakat yang gagal bertransaksi lantaran sistem di layar ATM offline, sehingga harus mencari lokasi ATM lain yang tidak mengalami gangguan. (R/L/IS/R1)


 


Sumber : Imam Santoso

COMMENTS
LEAVE A REPLY
Name *
Email *
Website
Comment