Prof Asep Saefuddin: Generasi yang Kreatif dan Inovatif akan Tingkatkan Perekonomian Bangsa

(Kamis, 12 Oktober 2017) -

Pendidikan yang berkualitas akan menghasilkan perekonomian yang baik dan begitu juga sebaliknya. Dalam pendidikan, tercipta sumber daya kreativitas serta inovasi.

Financial.id, Jakarta. Pendidikan yang berkualitas akan menghasilkan perekonomian yang baik dan begitu juga sebaliknya. Dalam pendidikan, tercipta sumber daya kreativitas serta inovasi.


Oleh sebab itu, sumber daya manusianya juga perlu terus dikembangkan sehingga mampu melahirkan generasi kreatif maupun inovatif guna menemukan pengetahuan baru yang bermanfaat meningkatkan ekonomi Indonesia.


Demikian disampaikan Rektor Universitas Al Azhar Indonesia sekaligus Guru Besar Ilmu Statistik IPB Prof DR Asep Saefuddin ketika ditemui dan berbincang dengan Financial, di Jakarta, Selasa (10/10).


"Jika generasi berpendidikan hanya memikirkan materialistik tanpa mengembangkan kreativitas, maka generasi tersebut akan terjebak pada kepuasan diri," ujar Asep.


Asep mengimbau, para Rektor di Indonesia memikirkan generasi Indonesia dengan membenahi ekosistem kampus ke arah pendidikan kreatif sehingga dapat memperbaiki perekonomian Indonesia.


Lainnya yang dikemukakan Asep yaitu menyoal esensi manusia dalam pendidikan akan mampu membentuk moral bangsa yang tidak egois dan bersikap individual.


“Tidak ada yang namanya korupsi atau memikirkan perut sendiri. Tidak dapat dipungkiri, hari ini manusia berlomba-lomba hanya untuk memenuhi kebutuhan sendiri. Esensi kemanusiannya hilang, tidak ada kreativitas lagi, segala cara dianggap halal,” tutur Asep.


Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristek Dikti) ikut menjadi sorotan Asep dalam perbincangan dengan Financial. Asep meminta agar Kemristek Dikti dapat memberikan kemudahan birokrasi kepada sektor pendidikan guna membuka pintu kreativitas. 


Asep berpendapat, mahalnya biaya perguruan tinggi dan birokrasi yang kini terasa semakin sulit, mempengaruhi generasi bangsa untuk mengembangkan pendidikan kreativitas. (mgl/cr)


Sumber : Financial.id

COMMENTS
LEAVE A REPLY
Name *
Email *
Website
Comment