Perkuat Industri Nasional dengan Modal Iptek dan SDM

(Rabu, 17 Agustus 2016) -

Membangun industri nasional bukan hanya memprioritaskan keunggulan komparatif. Aspek keunggulan kompetitif juga harus diwujudkan. Dengan begitu, industri Indonesia mampu unggul di Asia Tenggara.

Financial.id, Bogor. Pada sektor industri global, harus selalu melihat sisi akhirnya adalah untuk perdagangan. Berdasarkan sudut pandang tersebut, maka harus disiapkan peta arah sektor industri yang unggul.


Menurut Ketua Kelompok Kerja Pangan, Agroindustri dan Kehutanan Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) Benny Pasaribu, di Bogor, Jawa Barat, belum lama ini, hal yang harus disiapkan mendongkrak industri Indonesia adalah pengetahuan, teknologi dan sumber daya manusianya.


Dia mengungkapkan, selama ini fokus perhatian pembangunan industri selalu ke arah keunggulan komparatif. Padahal, menurut Benny, tak kalah penting juga harus memperhatikan keunggulan kompetitif.


"KEIN membuat arah pembangunan sektor industri ke keunggulan kompetitif, bukan hanya komparatif. Setelah KEIN mengusulkan kepada Presiden, muncul kebijakan yang fokus ke situ," ujarnya.


Benny juga mengingatkan perlunya membangun sektor industri dengan menggunakan kekayaan bahan baku milik nasional. Cara itu, kata Benny, dirasakan ikut menunjang industri Indonesia yang mampu bersaing di tingkat Asia Tenggara.


"Alasannya, mengolah bahan baku sendiri untuk industri nasional maka mendorong sumber daya manusia untuk kreatif," tutur Benny. (has)


Sumber : Financial.id

COMMENTS
LEAVE A REPLY
Name *
Email *
Website
Comment