Peringkat EoDB Naik, Sinyal Bagus Iklim Bisnis di Indonesia

(Kamis, 2 November 2017) -

Bank Dunia (World Bank) mengumumkan peringkat kemudahan berwirausaha atau Ease of Doing Bussiness (EoDB) Indonesia naik dari peringkat 91 ke posisi 72.

Financial.id, Jakarta. Bank Dunia (World Bank) mengumumkan peringkat kemudahan berwirausaha atau Ease of Doing Bussiness (EoDB) Indonesia naik dari peringkat 91 ke posisi 72. Hal tersebut menunjukan peringkat Indonesia lebih baik dibandingkan dengan Cina, India, dan Brazil. Dilansir dari situs Kementrian Keuangan, Presiden Joko Widodo mengatakan dalam 2 tahun kedepan harus mencapai target, yaitu diats posisi 40.


Menanggapi informasi tersebut, Anggawira selaku Ketua Bidang Organisasi, Kaderisasi dan Keanggotaan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) mengatakan, Kamis (02/11), hal tersebut merupakan momentum baik dalam menyusun strategi untuk meningkatkan iklim juga semangat anak muda lainnya untuk memulai berwirausaha.


"Harus dimanfaatkan momentum tersebut. Program-program dari pusat maupun daerah harus fokus pada meningkatkan jumlah pengusaha di Indonesia"


Salah satu saran yang dituturkan Anggawira kepada pemerintah pusat maupun daerah yaitu memberikan penyuluhan juga kemudahan regulasi dalam mengurusi izin buka usaha.


Mengingat era hari ini yaitu ekonomi kreatif, lanjut Anggawira, generasi muda yang memiliki kreatifitas dan inovasi yang tinggi harus diarahkan untuk membangun start-up dalam berwirausaha.


Menurutnya, kemampuan dan biaya bukanlah hambatan dalam memulai bisnis. Mendorong iklim dan menjaga semangat dalam berbisnis merupakan hal yang utama untuk dipikirkan.


Anggawira mengatakan, diperlukannya peran semua pelaku bisnis termasuk pemerintah untuk mencanangkan program agar iklim berbisnis terbentuk.


"Program nasional terkait harus gerakan yang lebih dahsyat" tutur Anggawira.


Selanjutnya, Anggawira mengapresiasi kinerja seluruh pelaku yang berkontribusi dalam perekonomian Indonesia sehingga peringkat Indonesia di EoDB meningkat.


Anggawira juga mengajak kepada seluruh generasi muda untuk selalu meningkatkan semangat berwirausaha yang kreatif dan inovatif.(mgl/cr)


Sumber : Financial.id

COMMENTS
LEAVE A REPLY
Name *
Email *
Website
Comment