Pentingnya Konservasi untuk Keberlanjutan Hutan dan Kelestarian Hayati

(Selasa, 22 Agustus 2017) -

Kelestarian sumber daya hayati harus bertahan. Caranya melalui pemanfaatan konservasi.

Financial.id, Jakarta. Eksistensi kelestarian sumber daya alam hayati amat penting untuk terus bertahan sepanjang zaman. Oleh sebab itu perlu dijaga keberlanjutan hutan agar selalu lestari.
 
Pakar kehutanan dari IPB Yanto Santosa mengatakan, guna mencapai keberlanjutan hutan diperlukan konservasi yang merupakan pemanfaatan sumber daya hayati secara optimal dan berkelanjutan.
 
Menurut Yanto, konservasi erat kaitannya terhadap pembangunan yang berkelanjutan sebab ada tiga aspek penting terkait itu yakni ekologi, ekonomi dan sosial.
 
“Ketiga aspek pembangunan ini kita harus jaga. Tidak hanya ekonomi yang diperhatikan. Buktinya tingkat ekonomi tinggi merusak lingkungan, membuat tataran sosial hancur yang akhirnya kontraproduktif. Jadi kalau kita bicara tentang pentingnya konservasi, sebetulnya semua aspek kehidupan itu prinsip dasarnya konservasi,” ujar Yanto melalui keterangan resmi tertulisnya yang diterima Financial, Selasa(22/8).
 
Yanto menjelaskan, secara aspek ekologi, keseimbangan alam harus tetap terjaga dan jangan sampai terganggu oleh pembangunan yang dilakukan. Sedangkan dari ekonomi, pembangunan harus dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat, bukan segelintir orang. 
 
"Sedangkan berdasarkan aspek sosial, masyarakat harus ditempatkan sebagai subjek pembangunan yang memiliki peran utama sehingga dapat meniadakan ataupun meminimalisir pengangguran," Yanto menuturkan.
 
Menurut Yanto, nantinya seluruh energi yang dapat diperbaharui dan menjadi tumpuan harus dilakukan konservasi. (eng/r)

Sumber : Financial.id

COMMENTS
LEAVE A REPLY
Name *
Email *
Website
Comment