Pengamat: Ada Mafia BPJS Kesehatan yang Manfaatkan Kesempatan

(Rabu, 4 Oktober 2017) -

Koordinator BPJS Watch Timboel Siregar mengatakan, kini diduga amat banyak persoalan yang terjadi dibelakang pengelolaan layanan BPJS Kesehatan.

Financial.id, Jakarta. Koordinator BPJS Watch Timboel Siregar mengatakan, kini diduga amat banyak persoalan yang terjadi dibelakang pengelolaan layanan BPJS Kesehatan. Timboel menganggap, kinerja BPJS Kesehatan seperti ada mafia yang memanfaatkannya.


“Ada rumah sakit yang menerima peserta BPJS Kesehatan, pasiennya belum sembuh sudah disuruh pulang sehingga pasien akan melakukan klaim kedua kalinya,” kata Timboel, di Jakarta, Rabu (4/10).


Timboel menyebutkan, diduga permainan yang dilakukan pihak rumah sakit agar banyak mendapat klaim dari BPJS Kesehatan dapat dianggap adanya mafia yang ikut bermain kemudian mengambil kesempatan.


“Entah itu memang strategi rumah sakit untuk menutupi biaya pasien atau mungkin memang ada permainan dari pihak BPJS Kesehatan yang memudahkan verifikasi klaim pasien terhadap rumah sakit,” tutur TImboel.


Selain itu, Timboel juga mengungkapkan kecurigaannya terhadap klaim palsu. Timboel beranggapan, karena dalam kurun waktu per 30 Juli, ditemukan banyaknya klaim melahirkan dengan cara sesar sehingga mencapai biaya lebih Rp 1,3 triliun.


“Ini harus diinvestigasi, jangan dibiarkan. Kementerian Kesehatan harus turun mengawasi. Saat ini baru KPK yang melakukan investigasi,” ujar Timboel.


Timboel menyarankan agar BPJS Kesehatan lebih aktif dalam pengawasan teknis dirumah sakit, jangan hanya fokus pada administratif. (mgl/cr)


Sumber : Financial.id

COMMENTS
LEAVE A REPLY
Name *
Email *
Website
Comment