Organisasi Internasional Soroti Penerapan Inklusi Keuangan Indonesia Efektif

(Kamis, 11 Mei 2017) -

Program inklusi dan literasi keuangan di Indonesia dinilai berjalan efektif sesuai target ingin dicapai. OJK berkomitmen terus mengembangkan literasi dan inklusi keuangan ke masyarakat.

Financial.id, Jakarta. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggondol penghargaan Global Inclusion Award 2017 karena dinilai berhasil menerapkan program inklusi keuangan bersama kementerian lainnya.


Penghargaan yang diraih OJK berhasil mengungguli negara-negara lainnya di kawasan Asia Pasifik. Global Inclusion Award 2017 diberikan oleh Child and Youth Finance International (CYFI) dan kelompok negara-negara G20 bekerjasama dengan Pemerintah Jerman selaku tuan rumah penyelenggara pertemuan G20 tahun 2017.


"Program inklusi keuangan sudah menjadi program internasional dan OJK bersama sejumlah kementerian dan lembaga dinilai sudah menjalankannya dengan baik sesuai dengan sasaran yang ingin dicapai," kata Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad, seperti dikutip dari laman resmi OJK, baru-baru ini.


Juri kompetisi menilai, Indonesia menunjukkan komitmen meningkatkan literasi dan inklusi masyarakat Indonesia. 


Tampak dari berbagai upaya memenuhi target inklusi keuangan sebesar 75 persen pada tahun 2019 dan target peningkatan literasi keuangan per tahunnya sebesar 2 persen.


OJK akan terus melanjutkan dan mengembangkan berbagai program dan kebijakan inklusi keuangan, melalui peningkatan kegiatan edukasi dan literasi keuangan serta perlindungan konsumen.


"Penghargaan ini menunjukkan program dan kebijakan di bidang edukasi dan perlindungan konsumen sudah berjalan sesuai arah yang diharapkan. Kami optimistis target Pemerintah inklusi keuangan 75 persen pada 2019 tercapai," kata anggota Dewan Komisioner bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Kusumaningtuti S Setiono. (apr)


Sumber : Financial.id

COMMENTS
LEAVE A REPLY
Name *
Email *
Website
Comment