OJK dan Baznas Dorong Peningkatan Layanan Keuangan Zakat

(Jum'at, 21 April 2017) -

OJK bersama Baznas berupaya meningkatkan akses layanan keuangan di sektor zakat. Kedua lembaga tersebut telah menandatangani nota kesepahaman.

Financial.id, Jakarta. Bentuk nyata  meningkatkan literasi dan inkulusi keuangan di Tanah Air, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melakukan penandatanganan kerjasama, di Jakarta, Kamis (20/4).


Berdasarkan keterangan resmi tertulis yang diterima Madaninews, kerjasama itu nantinya akan mendorong pengumpulan, pendistribusian dan pendayagunaan zakat secara non tunai melalui Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam rangka Keuangan Inklusi (Laku Pandai). 


Kerjasama di tanda tangani oleh Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D. Hadad dan Ketua BAZNAS Bambang Soedibyo. 


Ruang lingkup Nota Kesepahaman meliputi peningkatan literasi keuangan kepada pemangku kepentingan di bidang perzakatan nasional dan inklusi keuangan terhadap produk dan layanan lembaga jasa keuangan.


Bersamaan juga di tandatangani Nota Kesepahaman antara BAZNAS dengan UNDP sebagai implementasi MoU OJK dengan UNDP tanggal 30 Agustus 2016 untuk mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). 


Bentuk implementasi dari Nota Kesepahaman itu, dilakukan juga penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) terkait sinergi pengembangan inklusi zakat (zakat inclusion) dengan program literasi dan inklusi keuangan yang sejalan dengan pencapaian SDGs. 


Tindak lanjut dari MoU adalah dibentuknya pilot project penyaluran zakat secara non tunai melalui agen LAKU PANDAI di daerah Jambi, NTB dan NTT. UNDP berperan mendorong Bank Pembangunan Daerah (BPD) menyalurkan zakat yang diterima untuk kepentingan program sosial di daerah masing-masing antara lain penyediaan air bersih dan listrik demi tercapainya SDGs.


Zakat inclusion merupakan suatu program yang dirancang guna memasyarakatkan zakat secara luas sehingga kegiatan berzakat dapat lebih mudah diakses atau dilakukan oleh masyarakat. (has)


Sumber : Financial.id

COMMENTS
LEAVE A REPLY
Name *
Email *
Website
Comment