Nanti Sore Pemerintah Umumkan Paket Ekonomi ke-12

(Kamis, 28 April 2016) -

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution memastikan pemerintah akan mengumumkan paket kebijakan ekonomi jilid XII pada sore nanti, Kamis (28/4).

Jakarta, (The Financial) - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution memastikan pemerintah akan mengumumkan paket kebijakan ekonomi jilid XII pada sore nanti, Kamis (28/4).

Kepastian tersebut disampaikan Darmin usai melaporkan rincian resep untuk memperbaiki ekonomi Indonesia berikutnya kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) di kantornya pagi ini.

“Paket ke-12 akan diumumkan nanti sore. Intinya soal deregulasi,” kata Darmin.

Awal pekan ini, Darmin mengungkapkan paket ekonomi jilid XII akan fokus pada memperbaiki peringkat kemudahan berusaha (ease of doing business/EODB) di Indonesia.

Upaya peningkatan EODB, lanjut Darmin, rencananya dilakukan dengan pemangkasan sejumlah prosedur dan perizinan di berbagai sektor, salah satunya sektor properti. Diharapkan setelah dipangkas, prosedur dan pengurusan izin bisa lebih efisien.


 


Sebagai informasi, tahun lalu, berdasarkan survey yang dilakukan Bank Dunia (World Bank), peringkat EODB Indonesia adalah 109 dari 189 negara yang disurvei. Kendati peringkat Indonesia naik 11 peringkat dari tahun sebelumnya, Indonesia masih jauh dibandingkan kompetitor di kawasan Asean seperti Singapura yang menduduki peringkat pertama dan Malaysia yang berada di peringkat 18.

Sementara paket kebijakan ke XI sebelumnya banyak menyentuh soal kredit usaha rakyat (KUR), dana investasi real estate (DIREI), percepatan bongkar muat barang di pelabuhan atau dwelling time, dan pengembangan industri farmasi dan alat kesehatan. (Cnn/Ch)


Sumber : -

COMMENTS
LEAVE A REPLY
Name *
Email *
Website
Comment