Mendikbud: Pendidikan Vokasi Ikut Mengentaskan Kemiskinan

(Rabu, 30 Agustus 2017) -

Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kembangkan SMK dengan revitalisasi program kejuruan.

Financial.id, Jakarta. Pendidikan kejuruan atau vokasi merupakan program revitalisasi yang kini dilakukan Pemerintah Indonesia untuk meningkatkan produktivitas masyarakat pada sektor kerja.


Hal itu dikatakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy pada diskusi media, di Jakarta, Rabu (30/8).


“Presiden memberikan arahan untuk lakukan revitalisaasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan politeknik. Bagaimana membuat suatu sinergi antara sekolah dengan lapangan kerja agar mudah nantinya,” ujar Muhadjir.


Menurut Muhadjir, program ini juga merupakan salah satu upaya pemerintah guna memutus kemiskinan di Indonesia. Muhadjir meyakini, dengan keterampilan yang dimiliki, lulusan SMK atau politeknik nanti dapat meningkatkan taraf hidupnya.


Muhadjir menjelaskan, beberapa cara untuk merevitalisasi program kejuruan, pertama, membuat peta jalan pengembangan SMK. Kemudian kedua, menyempurnakan dan menyelaraskan kurikulum SMK dengan kompetensi sesuai kebutuhan pengguna lulusan.


"Ketiga, meningkatkan jumlah dan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan serta keempat, meningkatkan kerjasama dengan kementerian lain atau lembaga, luar negeri maupun swasta.


Berdasarkan data dari kemenko perekonomian, komposisi lulusan sekolah dalam beberapa tahun terakhir mengenai angkatan kerja di Indonesia terdiri dari lulusan Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) adalah 65 persen, kemudian 25 persen merupakan lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) serta perguruan tinggi yakni 10 persen. 


Kondisi itu dinilai membuat produktivitas masyarakat menjadi rendah sehingga upahnya hanya dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan primer saja.


Setiap tahunnya sebanyak 3,3 juta orang adalah lulusan SMA dan yang dapat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi hanya setengahnya. Sisanya memutuskan untuk bekerja. (eng/cr)


Sumber : Financial.id

COMMENTS
LEAVE A REPLY
Name *
Email *
Website
Comment