Kemenkes Patok Anggaran Lima Persen Tahun 2018 untuk Hal Ini

(Jum'at, 18 Agustus 2017) -

Kementerian Kesehatan berupaya maksimal meningkatkan fasilitas kesehatan di daerah, mencegah bayi kurang gizi dan kesehatan ibu hamil, melalui prioritas anggaran tahun depan.

Financial.id, Jakarta. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah menetapkan angka lima persen dalam Rancangan Anggaran dan Penerimaan Belanja Negara (RAPBN) tahun 2018. 


Angka lima persen tersebut hingga senilai Rp 110,2 triliun. Anggaran tersebut akan diprioritaskan guna meningkatkan layanan kesehatan, khususnya upaya kesehatan promotif preventif, dan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).


Kendati sudah mematok angka persentase untuk RAPBN tahun 2018, Staf Ahli Bidang Hukum Kemenkes Barlian mengungkapkan, anggaran itu belum mencakup dana alokasi khusus fisik.


Barlian menyampaikan, terutama untuk daerah di Indonesia yang membutuhkan anggaran besar terkait infrastruktur kesehatan.


Kemudian Barlian mengungkapkan, melalui anggaran tersebut, Kemenkes berupaya maksimal ingin memimalisir jumlah bayi gizi buruk di Tanah Air.


"Dengan terus menambahkan asupan gizi melalui pemberian makanan tambahan makanan (PMT)," tutur Barlian pada diskusi media, di Jakarta, Jumat (18/8).


Persoalan perkembangan kesehatan ibu hamil di Indonesia juga tidak luput dari perhatian Kemenkes ke depannya. Barlian menyebutkan, kesehatan ibu hamil juga bagian dari prioritas anggaran. (has)


Sumber : Financial.id

COMMENTS
LEAVE A REPLY
Name *
Email *
Website
Comment