Keluarkan Sukuk Tabungan Terbaru, Kemenkeu Bidik Kampus

(Rabu, 10 Agustus 2016) -

Pemerintah Indonesia menerbitkan sukuk bunga terbaru yang bermodal rendah dan bisa dijangkau kalangan mahasiswa. Melalui program ini, diharapkan banyak mahasiswa andil guna mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Financial.id, Jakarta. Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Keuangan akan mengeluarkan Surat Berharga Syariah Negara atau Sukuk Negara Seri Sukuk Tabungan ST 001 pada akhir Agustus nanti.


Menjelang diterbitkan sukuk tabungan jenis ini, Kepala Subdit Transaksi Surat Berharga Syariah Negara Kementerian Keuangan, Langgeng Basuki, mengatakan, telah meminta agar jenis sukuk tabungan tersebut ditawarkan ke mahasiswa di seluruh kampus. Dia beralasan, nilai investasi pada sukuk bunga tabungan itu amat terjangkau.


"Menurut kami, sukuk tabungan ini cocok bagi kalangan mahasiswa yang ingin menjadi investor, sebab modalnya rendah," kata Langgeng pada acara Pre Marketing Sukuk ST 001, di Jakarta, Rabu (10/8).


Dia mengungkapkan, sukuk tabungan yang akan diterbitkan berharga minimal pembelian Rp 2 juta, dengan masing-masing per unitnya Rp 1 juta. Harga tersebut diperkirakan Langgeng amat murah dan terjangkau sehingga mahasiswa dapat menjadi investor.


Pembelian Sukuk Tabungan ST 001 ini, kata Langgeng, dapat dibeli di 6 perusahaan bursa efek dan 20 bank yang telah mendapatkan persetujuan dan penunjukan dari Kementerian Keuangan. Menurut Langgeng, persyaratan pembelian sukuk bunga amat sederhana dengan menyerahkan duplikasi kartu identitas diri.


"Ini juga keuntungan untuk agen penjual. Dengan semakin banyak menyasar investor kalangan mahasiswa, maka kami akan jadikan kriteria penilaian yang baik. Kami memberikan target ukuran penjualan Rp 50 miliar dengan 50 investor," tutur Langgeng. (has)


Sumber : Financial.id

COMMENTS
LEAVE A REPLY
Name *
Email *
Website
Comment