KEIN: Perlu Disusun Upaya Ciptakan Demokrasi Ekonomi

(Minggu, 14 Agustus 2016) -

Demokrasi ekonomi adalah hal prioritas guna diwujudkan di Indonesia. Terciptanya demokrasi ekonomi akan menyejahterakan masyarakat Indonesia.

Financial.id, Bogor. Demokrasi ekonomi adalah hal yang penting untuk diwujudkan kepada masyarakat Indonesia. Penerapan demokrasi ekonomi adalah menciptakan kesejahteraan ekonomi dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.


Hal itu dikemukakan anggota Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) Hendri Saparini, di Bogor, Jawa Barat, kemarin. Menurutnya, mewujudkan demokrasi ekonomi dimulai dengan memberdayakan sumber daya alam Tanah Air untuk kemakmuran masyarakat.


"Kita punya banyak potensi sumber daya alam. Ada energi, pariwisata, kehutanan, maritim, pertanian," ujar Hendri.


Setelah sumber daya alam tersebut dimanfaatkan secara baik di negeri sendiri, barulah menurutnya, disusun arah pengelolaannya seperti apa. Hendri mengatakan, pengelolaan sumber daya alam Indonesia tersebut harus dioptimalkan untuk industri nasional, terutama kepentingan UMKM.


"Di Indonesia sekarang ada 99% industri kecil dan 1% industri besar," ucap Hendri.


Kemudian setelah langkah-langkah tersebut dilalui, upaya lainnya ialah membentuk masyarakat yang berwawasan digital ekonomi. Pola masyarakat digital ekonomi dianggap dapat bersaing di level internasional, bukan hanya skala domestik, tutut Hendri.


"Membangunnya harus satu perencanaan yang komprehensif. Diperlukan dukungan kebijakan ke arah itu agar terlaksana sesuai tahapan," ujar Hendri.


Mengacu kepada itu semua, Hendri mengatakan, KEIN menyusun peta jalan strategisnya yang nantinya diusulkan ke Presiden Jokowi. (has)


Sumber : Financial.id

COMMENTS
LEAVE A REPLY
Name *
Email *
Website
Comment