KEIN Minta Tingkatkan Industri Pengolahan di Indonesia

(Sabtu, 20 Agustus 2016) -

Target pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2017 sebesar 5,3% yang ditetapkan Pemerintah Indonesia dianggap realistis dan moderat. Untuk mewujudkan itu, pemerintah perlu serius meningkatkan industri pengolahan.

Financial.id, Jakarta. Wakil Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) Arif Budimanta mengatakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia yang dipatok pemerintah sebesar 5,3% pada tahun 2017 merupakan angka realistis dan moderat.


"Target pertumbuhan ekonomi sebesar 5,3% di tahun 2017 masih dalam kategori angka yang realistis dan moderat," ujar Arif Budimanta menanggapi pidato Presiden Joko Widodo pada Sidang Tahunan MPR/DPR 2016 lalu, dalam keterangan resminya, baru-baru ini.


Meski demikian, Arif mengungkapkan, target pertumbuhan ekonomi yang lebih optimis sebesar 5,5% pada 2017 sebenarnya masih bisa diupayakan lagi. Namun menurutnya, dikhawatirkan bila angka pertumbuhan ekonomi 5,5% yang diajukan pemerintah dengan kondisi global saat ini masih belum memiliki kepastian dan ekspor sulit diharapkan, justru dianggap tidak realistis dan menurunkan kepercayaan pasar.


"Dalam kajian KEIN, ekonomi Indonesia baru bisa tumbuh 7% pada tahun 2018," ujar Arif, di Jakarta.


Menurutnya, untuk mewujudkan target pertumbuhan ekonomi 5,3% tersebut, industri pengolahan adalah prioritas yang harus dikembangkan. Sebab menurut Arif, dengan mengembangkan industri pengolahan akan membuat barang yang di ekspor memiliki nilai tambah.


"Selain itu ICT menjadi sektor yang menarik karena mempunyai dampak langsung dan turunan bersifat jangka panjang serta dapat menjadi suatu terobosan untuk mengejar ketertinggalan," tutur Arif. (has)


Sumber : Financial.id

COMMENTS
LEAVE A REPLY
Name *
Email *
Website
Comment