Ini Harapan ICMI ke Presiden Soal Bank Wakaf Ventura

(Senin, 10 Juli 2017) -

ICMI berharap dukungan Presiden Joko Widodo terhadap pembentukan Bank Wakaf Ventura Indonesia dapat serta menggalang terhimpunnya dana dari pengusaha.

Financial.id, Jakarta. Dukungan Presiden Joko Widodo terhadap terbentuknya Bank Wakaf Ventura Indonesia diharapkan bisa memicu terkumpulnya dana dari kalangan pengusaha.


Demikian harapan ICMI terkait persiapan akan didirikannya Bank Wakaf Ventura di Tanah Air. Menurut Ketua Umum ICMI Jimly Asshiddiqie, Presiden dapat menunjukkan bentuk dukungan salah satunya melalui pengumpulan dana.


"Dukungan itu bisa menggerakkan pengumpulan dana dengan mengundang pengusaha-pengusaha nasional untuk berwakaf," ujar Jimly, belum lama ini melalui keterangan tertulis yang diterima Financial.


Menyangkut rencana pembentukan Bank Wakaf Ventura, Jimly menjelaskan, ICMI telah bertemu MUI yang kemudian menghasilkan dibentuknya tim untuk membahas langkah selanjutnya.


"Sinergi MUI dengan ICMI untuk membangun jaringan gerakan kewirausahaan di lingkungan ormas-ormas Islam. Ini yang dibicarakan, mudah-mudahan timnya dapat bekerja," kata Jimly.


Termasuk saat ini sedang dirumuskan aturan kelembagaannya yang akan diajukan ke OJK. Kendati begitu, Jimly menyebutkan, soal waktu didirikannya Bank Wakaf Ventura masih dibicarakan hingga kini bersama MUI.


Menurut Jimly, Bank Wakaf Ventura merupakan perusahaan sosial, bukan milik pribadi, tetapi berbasis wakaf.


"Para wakidnya akan berwakaf tunai dan nazirnya adalah para ormas-ormas Islam secara bersama-sama menjadi penentu kebijakan Bank Wakaf Ventura tersebut," tutur Jimly. (rul/sp)


Sumber : Financial.id

COMMENTS
LEAVE A REPLY
Name *
Email *
Website
Comment