Ini Upaya Kemenko PMK Menuju Peningkatan Kualitas Pendidikan

(Kamis, 31 Agustus 2017) -

Kemenko PMK sampaikan pentingnya penngkatan kualitas pendidikan demi sumberdaya manusia yang berkualitas. 

Financial.id, Jakarta. Deputi IV Bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama Kementeran Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Agus Sartono mengatakan, kualitas pendidikan di Tanah Air perlu terus ditingkatkan guna mewujudkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul.


Sartono beranggapan, pendidikan berkualitas dapat dicapai jika layanannya sudah merata, mutunya meningkat, adanya daya saing serta penguatan tata kelola. 


“Melalui pendidikan, karakter anak didik akan terbentuk, memiliki kejujuran dan integritas. Inilah yang sudah tentu meningkatkan kualitas SDM,” ujar Sartono pada diskusi media, di Jakarta, Rabu (30/8).


Sartono mengungkapkan, untuk mencapai pendidikan berkualitas, tidak bisa hanya mengandalkan sekolah. Peran aktif Guru, kurikulum, murid, sekolah, orang tua serta pemerintah menentukan terealisasinya pendidikan berkualitas.


Sartono menyampaikan beberapa upaya meningkatkan pendidikan berkualitas antara lain melalui tuntasnya kompetensi sekitar 2,9 Juta Guru, memperkuat metode evaluasi tolak ukur peningkatan kualitas SDM, memberikan akses kepada seluruh anak untuk bersekolah.


"Juga intervensi pemerintah untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan sistem pendidikan nasional serta pola koordinasi dan sinkronisasi antara pusat dan daerah agar alokasi anggaran efektif," tutur Sartono. (eng/cr)


Sumber : Financial.id

COMMENTS
LEAVE A REPLY
Name *
Email *
Website
Comment