Indonesia Punya Potensi Industrinya Kaliber Internasional

(Sabtu, 13 Agustus 2016) -

Indonesia sebenarnya mampu menjadi negara yang memilki industri berkelas unggulan di level internasional. Asal dilakukan dengan strategi yang tepat.

Financial.id, Bogor. Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) Soetrisno Bachir mengatakan, selama ini Indonesia belum mampu mengoptimalkan kekayaan alam yang dimiliki secara baik.


Menurutnya, sudah terlalu lama Indonesia terlena dengan selalu mengekspor kekayaan alamnya ke luar negeri dengan alasan mendongkrak perekonomian nasional. Hal tersebut dikatakan Soetrisno pada acara Workshop Media yang diselenggarakan KEIN, di Bogor, Jawa Barat, Sabtu (13/8).


"Padahal kalau ingin dimanfaatkan secara baik kekayaan alam Indonesia untuk industri dalam negeri, juga akan mendukung perekonomian nasional," ujar Soetrisno.


Hal tersebut, menurutnya, disebabkan lemahnya strategi industri nasional. Ditambah lagi, kata Soetrisno, seperti memudarnya nasionalisme industri Indonesia yang sudah enggan menggunakan produk dalam negeri.


"Jika kita begini terus, maka Indonesia akan semakin terpuruk," ungkap Soetrisno.


Untuk itu, sejak saat ini juga Indonesia sudah harus membangun basis industri nasional guna ikut menyelamatkan kekayaan alam dan perekonomian Indonesia. Menggunakan strategi yang tepat sehingga tak kalah saing di tingkatan internasional.


"Sebetulnya Indonesia sudah punya potensi meningkatkan industri nasional, potensi manusianya dan sumber daya alam," ucap Soetrisno.


Mengenai kekuatan industri Indonesia, dia mengatakan, ada 4 sektor yang dapat tumbuh pesat. Keempat sektor itu yakni pertanian, maritim, industri kreatif dan pariwisata. (has)


Sumber : Financial.id

COMMENTS
LEAVE A REPLY
Name *
Email *
Website
Comment