Demi Budaya, Ternyata Sekretaris KEIN Pernah Curhat ke Jokowi

(Sabtu, 13 Agustus 2016) -

Kegelisahan dirasakan Sekretaris KEIN Putri Wardan melihat banyaknya industri di Indonesia tidak menonjolkan budaya lokal. Kegelisahannya diluapkan dengan "merayu" Jokowi.

Financial.id, Bogor. Sekretaris Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) Putri Wardani ternyata pernah punya pengalaman berkesan dengan Jokowi saat masih menjabat sebagai Gubernur Jakarta.


Saat itu tahun 2012, sewaktu Putri masih tercatat sebagai Wakil Ketua Umum KADIN, dia menyambangi Jokowi yang baru saja terpilih. Kedatangan Putri tersebut disebabkan kegelisahannya melihat industri berbasis budaya lokal yang seolah terpinggirkan.


"Saya melihat turis mancanegara yang datang ke Indonesia seperti tidak menemukan dan merasakan budaya khas Indonesia," katanya


Penyebabnya, Putri mengatakan, seperti hotel-hotel di Indonesia tidak menampilkan tradisi dan budaya asli Tanah Air. Justru, hotel, rumah makan, lokasi wisata, Putri mengungkapkan, lebih menyajikan budaya asing.


"Kegelisahan itu saya luapkan dengan menemui Jokowi sebagai Gubernur Jakarta waktu itu. Kebetulan Jokowi mempunyai sikap yang sama. Kebetulan saat masih memimpin Solo, Jokowi melakukan kebijakan dengan mewajibkan seluruh hotel memamerkan tradisi daerah Solo," ucap Putri.


Putri pun "merayu" Jokowi agar memutuskan kebijakan yang sama di Jakarta. Tujuannya agar bukan hanya sebatas memajukan industri tapi juga budaya Indonesia.


"Percuma kan kalau turis datang ke Indonesia, menginap di hotel tapi yang di dengarkan lagu-lagu luar negeri juga, apa bedanya dengan turis itu menginap di negara Amerika atau Eropa," tutur Putri.


Usaha "rayuan" Putri ke Jokowi pun berhasil. Selang setahun kemudian, Jokowi menerbitkan Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 49/2013 Tentang Pemanfaatan Produk Berbasis Budaya. Pada Pergub itu, diwajibkan semua hotel maupun tempat wisata menonjolkan ciri khas lokal.


"Saya merasa puas. Industri berbasis budaya dapat terwujud," ujar Putri. (has)


Sumber : Financial.id

COMMENTS
LEAVE A REPLY
Name *
Email *
Website
Comment