Berikan Kepastian Produk Halal, Menag Resmikan BPJH

(Rabu, 11 Oktober 2017) -

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin meresmikan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) sesuai amanat UU No 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal, di Jakarta, Rabu (11/10). 

Jakarta (Madani News) – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin meresmikan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) sesuai amanat UU No 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal, di Jakarta, Rabu (11/10). 


Dengan terbentuknya BPJH, Lukman berharap, menjadi stimulan membangkitkan dan menggairahkan perkembangan industri halal di Tanah Air untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 


“Saya berharap BPJPH segera mengonsolidasikan tugas dan fungsinya, baik menyangkut perangkat kelembagaan, infrastruktur regulasi, prosedur kerja, layanan sertifikasi, sistem pengawasan maupun aspek pengembangan kerja sama domestik dan global,” ujar Lukman melalui keterangan resmi tertulisnya yang diterima Madaninews.


Lukman meminta, pelayanan sertifikasi dan pengawasan JPH diterapkan secara konsisten dengan prinsip integritas, transparansi dan menghindari pungli serta gratifikasi.  


Lukman mengingatkan, BPJH harus proaktif melakukan penguatan basis kerja sama dan pengembangan diplomasi halal, baik pada level nasional maupun global dengan kementerian dan lembaga terkait serta Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI).


Lukman menjamin BPJH tidak akan melemahkan kewenangan MUI dalam memberikan fatwa. Nantinya, tutur Lukman, fatwa penetapan kehalalan dari MUI kemudian disampaikan kepada BPJPH sebagai dasar penerbitan Sertifikat Halal. (SYH/CR)


Sumber : Financial.id

COMMENTS
LEAVE A REPLY
Name *
Email *
Website
Comment