Begini Upaya Kemenakertrans Soal Pelaksanaan Pendidikan Vokasi

(Senin, 8 Mei 2017) -

Pemerintah Indonesia menggenjot pendidikan vokasi berbasis kompetensi sesuai kebutuhan industri. Hal itu diutujukan mengurangi angka pengangguran.

Financial.id, Jakarta. Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) melakukan sinergi dengan kementerian lainnya terkait pendidikan vokasi sehingga murid lulusannya nanti dapat memenuhi kebutuhan industri.


Sinergi bersama lintas kementerian tersebut antara lain, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Perindustrian, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Kementerian BUMN.


"Sudah tanda tangan Nota Kesepahaman Pengembangan Pendidikan Vokasi Industri berbasis kompetensi yang terhubung dengan industri," ujar Kepala Biro Humas Kemanakertrans Sahat Sinurat, kemarin.


Sahat mengungkapkan, bukan hanya sinergi dengan lintas kementerian, namun Kemenakertrans pun telah menjalin kerjasama bersama pihak swasta, seperti asosasis, LSM dan para guru.


Dengan begitu, ucap Sahat, diharapkan dunia industri bisa memberikan fasilitas kepada murid untuk praktik kerja lapanagan dan program magang.


Sahat mengatakan, Kemenakertrans juga berkoordinasi dengan pemerintah di daerah untuk tetap mengembangkan kurikulum pendidikan dan pelatihan kerja berbasis kompetensi sesuai kebutuhan industri.


"Tujuannya terwujud pendidikan vokasi dan kejuruan yang terhubung dengan dunia industri, restrukturisasi kurikulum dan pendidikan," Sahat membeberkan. (has)


Sumber : Financial.id

COMMENTS
LEAVE A REPLY
Name *
Email *
Website
Comment