Bank Muamalat Kucurkan Pembiayaan Pengelolaan Kelapa Sawit

(Rabu, 21 September 2016) -

Bank Muamalat menyalurkan dana pembiayaan Rp 75 miliar ke PT Duta Mentari Raya untuk investasi pembangunan pabrik pengelolaan kelapa sawit. Kerjasama ini menjadi bagian strategis pengembangan bisnis korporasi.

Financal.id, Jakarta. Sebanyak Rp 75 miliar dikucurkan Bank Muamalat Indonesia (Bank Muamalat) guna pembiayaan Line Facility Al Murabahah ke PT Duta Mentari Raya (DMR) yang merupakan anak usaha PT Pusat Pengelolaan Aset (PPA) Kapital.


Pembiayaan itu secara resmi disepakati melalui penandatanganan akad pembiayaaan Line Facilty Al Murabahah antara Bank Muamalat dan PT DMR, kemarin.


Kucuran dana pembiayaan tersebut ditujukan untuk investasi pembangunan pabrik pengololaan kelapa sawit di Sengingi, Riau. PT DMR diketahui bergerak di sektor usaha industri pengelolaan kelapa sawit.


Dana pembiayaan tersebut dibagi menjadi dua tahap. Pembiayaan tahap pertama yakni Rp 70 miliar dengan masa tenor selama 60 bulan dan kedua sebanyak Rp 7 miliar dengan tenor 12 bulan.


Direktur Utama Bank Muamalat, Endy Abdurrahman, merasa optimis dilakukannya kerjasama ini. Menurut Endy, Indonesia memiliki potensi yang bagus dalam pada produksi kelapa sawit.


"Bank Muamalat optimis dengan dilakukannya kerjasama pembiayaan ini dapat menjadi salah satu upaya tepat mendukung berkembangnya potensi dan kualitas industri kelapa sawit nasional. Bukan hanya untuk pasar dalam negeri, tetapi juga ke mancanegara," ujar Endy.


Sedangkan Direktur Bisnis Korporasi Bank Muamalat, Indra Y Sugiarto, mengatakan, melalui kerjasama seperti ini merupakan bentuk bagian inisiasi strategis Bank Muamalat tahun 2016 dalam bidang pembiayaan bisnis korporasi.


Pembiayaan Al Murbahah adalah pembiayaan berdasarkan akad jual beli antara bank dan nasabah. Bank membeli barang yang dibutuhkan dan menjualnya ke nasabah sebesar harga pokok, ditambah dengan kesepakatan keuntungan margin.


PT DMR kini sedang membangun pabrik pengelolaan kelapa sawit yang dijadwalkan rampung Desember 2016. Nantinya, PT DMR dapat memulai pengelolaan kelapa sawit dengan kapasitas 45 ton/jam di Desa Kebon Lado, Kabupaten Kuantan Singingi Riau. (has)


Sumber : Financial.id

COMMENTS
LEAVE A REPLY
Name *
Email *
Website
Comment