BKPM Siap Tawarkan Investor Destinasi Wisata Menjanjikan

(Selasa, 10 Oktober 2017) -

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong mengatakan, investasi yang berhasil di Bali untuk sektor pariwisata menjadi acuan tolak ukur investor melakukan hal yang sama ke wilayah lainnya.

Financial.id, Jakarta. Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong mengatakan, investasi yang berhasil di Bali untuk sektor pariwisata menjadi acuan tolak ukur investor melakukan hal yang sama ke wilayah lainnya.


“Investor yang sepuluh tahun silam menanamkan modalnya di Bali, kini sedang menikmati hasilnya dari perkembangan sektor pariwisata. Kini saatnya investasi di 'Bali Baru'," kata Thomas melalui keterangan resmi tertulisnya kepada media, Senin (9/10).


Thomas mengungkapkan, mana saja profil-profil destinasi pariwisata ‘Bali Baru’ tersebut nantinya akan ditunjukkan pada forum Regional Investment Forum (RIF) di Padang, Sumatra Barat, 15-17 Oktober 2017.


Saat ini, tercatat 114 investor mancanegara dan sekitar 66 pertemuan telah dijadwalkan antara kalangan pemodal, pengusaha  domestik dengan Pemerintah Indonesia untuk menjajaki destinisai pariwisata. 


Kegiatan yang didukung oleh Kementerian Pariwisata, Bank Indonesia dan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat tersebut akan menawarkan enam dari sepuluh destinasi pariwisata ‘Bali Baru’.


Destinasi pariwisata tersebut adalah Danau Toba di Sumatera Utara, Tanjung Kelayang di Bangka Belitung, Tanjung Lesung di Banten, Kepulauan Seribu dan Kota Tua di Jakarta), Candi Borobudur di Jawa Tengah dan Gunung Bromo-Tengger-Semeru di Jawa Timur serta dua kawasan terpadu di Sumatera Barat yakni Mandeh dan Gunung Padang akan menjadi fokus utama ditawarkan.


Berdasarkan data BKPM, selama periode 2010–2016 realisasi investasi di sektor pariwisata meningkat rata-rata 20 persen per tahun dan menyerap 221 ribu tenaga kerja. 


Tahun 2017 di semester pertama memiliki nilai pertumbuhan hingga 37 persen dari nilai realisasi investasi pariwisata waktu yang sama periode 2016. (mgl/cr)


Sumber : Financial.id

COMMENTS
LEAVE A REPLY
Name *
Email *
Website
Comment