Darmin akan Rapat Tiap Bulan Sampai Bunga Kredit Turun di Bawah 10%

(Kamis, 10 Maret 2016) - Upaya mendorong tingkat suku bunga di bawah 10% sedang berjalan. Pembahasan rutin akan dilakukan sebulan sekali hingga terjadi kesepakatan untuk menurunkan tingkat suku bunga.
Jakarta, (The Financial) - Upaya mendorong tingkat suku bunga di bawah 10% sedang berjalan. Pembahasan rutin akan dilakukan sebulan sekali hingga terjadi kesepakatan untuk menurunkan tingkat suku bunga.

Demikian pernyataan Darmin usai rapat sekitar 2 jam di Kantor Kementerian Koordinator (Kemenko) Perekonomian. Pertemuan tersebut dihadiri Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno, Kepala Eksekutif Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Fauzi Ichsan, dan Deputi Komisioner Pengawas Perbankan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Mulya Siregar.

"Ini bukan rapat yang dilakukan secara sporadis. Tapi akan dilakukan selama satu bulan sekali," ujar Darmin di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Kamis (10/3/2016).

Darmin menjelaskan, pemerintah mendorong agar inflasi bisa terjaga di level 4%, sehingga bisa mendorong tingkat suku bunga yang lebih rendah.

"Selama ini kita berangkat dengan kepercayaan cita-cita menegakkan inflasi 4 persen tahun ini. Sehingga kita berharap suku bunga itu single digit. Itu untuk korporasi, kalau mikro kita subsidi," tutur Darmin.

Selain pemerintah, permintaan agar suku bunga kredit diturunkan juga datang dari OJK. Otoritas pengawas sektor keuangan ini mengimbau perbankan dalam negeri agar bisa menurunkan suku bunga kredit hingga di bawah 10% alias single digit akhir tahun ini. (Dtk/Ch)

Sumber : -

COMMENTS
LEAVE A REPLY
Name *
Email *
Website
Comment