BNI dan Lembaga Keuangan Korea Jajaki Transaksi Bank Garansi

(Minggu, 22 November 2015) - PT Bank Negara Indonesia (BNI) Tbk menjalin kerja sama dengan lembaga keuangan non bank Korea, Construction Guarantee Cooperative Korea (CG), yang fokus melayani kebutuhan likuiditas perusahaan konstruksi Korea di Indonesia.
Jakarta, (The Financial) - PT Bank Negara Indonesia (BNI) Tbk menjalin kerja sama dengan lembaga keuangan non bank Korea, Construction Guarantee Cooperative Korea (CG), yang fokus melayani kebutuhan likuiditas perusahaan konstruksi Korea di Indonesia.

Melalui kerja sama ini, CG berniat menyalurkan transaksi Bank Garansi (under counter guarantee) ke BNI.

Inisiasi bisnis BNI dan CG ini dilaksanakan melalui pertemuan antara Pemimpin Divisi Internasional BNI Rahmad Hidayat dengan Managing Director of Planning CG, Mr Kil-Won Bae di Jakarta, Jumat (20/11). Melalui pertemuan ini, BNI menyatakan ketertarikannya untuk menjembatani kebutuhan bisnis perusahaan konstruksi Korea di Indonesia.

Dalam keterangan pers BNI, Rahmad Hidayat mengungkapkan, BNI sedang menjajaki peluang bisnis untuk memberikan fasilitas semacam credit line kepada CG untuk dapat menyalurkan bank garansi berupa bid bond, performance bond, advance payment bond dan maintenance bond melalui BNI.

Model bisnis yang dapat dijajaki adalah penerbitan bank garansi atas jaminan (counter guarantee) dari CG. Saat ini, terdapat sekitar 55 perusahaan konstruksi asal Korea yang bergerak di Indonesia dengan nilai proyek total sekitar US$1,5 milyar. Potensi bisnis dalam penerbitan bank garansi atas counter guarantee dari CG ini dapat meningkatkan peluang bisnis lintas batas antara Indonesia dan Korea.

Kerja sama antara dua institusi ini juga akan diarahkan sebagai salah satu peluang bisnis BNI Kantor Cabang Seoul yang baru dibuka serta sebagai salah satu pintu gerbang BNI Kantor Cabang Seoul membuka jaringan di Korea terutama kepada perusahaan konstruksi Korea.

CG merupakan sebuah lembaga keuangan di bawah pengawasan Ministry of Land, Infrastructure and Transportation (MOLIT) Korea. CG dahulu didirikan oleh Ministry of Construction (yang sekarang disebut MOLIT) pada tahun 1963 saat pemerintah Korea sedang menerapkan “the first 5year-economy development plan” untuk mendorong laju perekonomian Korea. CG didirikan untuk melayani kebutuhan perusahaan-perusahaan konstruksi Korea dalam hal penerbitan Bank Garansi, pembiayaan dan asuransi. (Cnn/Ch)

Sumber : -

COMMENTS
LEAVE A REPLY
Name *
Email *
Website
Comment