Enjoy Aja!

(Senin, 13 April 2015) - Lahir di Tambun, Bekasi, Jawa Barat, 3 April I960, Muliaman yang bernama lengkap Muliaman Dharmansyah Hadad merupakan anak pertama dari tujuh bersaudara. Setelah menyabet gelar sarjana dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UD pada 1984, ia melanjutkan pendidikan S2 di John F Kennedy School of Government, Harvard University, Massachusetts, Amerika Serikat (AS), pada 1990 hingga menyandang gelar master of public administration setahun kemudian. Pada 1996, Muliaman menyandang gelar PhD di bidang business and economics dari Monash University, Melbourne, Australia.
Sebelum menjabat sebagai ketua dewan komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) periode 2012-2017, Muliaman meniti karier sebagai staf umum Bank Indonesia (BI) Mataram pada 1986. Selanjutnya ia menjabat sebagai kepala biro stabilitas sistem keuangan pada 2003 dan sebagai direktur Direktorat Penelitian dan Pengaturan PerBankan BI pada 2005.

Jabatan terakhir Muliaman di BI adalah sebagai deputi gubernur BI sejak 2007 yang ia jabat sebanyak dua kali. Ia juga tercatat sebagai pengajar di beberapa perguruan tinggi, seperti pascasarjana UI dan pascasarjana Universitas Trisakti.

Melanjutkan kegemarannya semasa mahasiswa, Muliaman pun hingga kini aktif di kepengurusan berbagai orgnanisasi. Selain sebagai ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), ia juga pernah menjabat ketua ikatan alumni UI Fakultas Ekonomi periode 2007-2010 serta sekjen pengurus pusat harian Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) periode 2003-2006/2006-2009. Saat ini, ia menjabat ketua harian ISEI. Bahkan, Muliaman pun pernah menjadi sebagai pembina Persatuan Tinju Amatir ... Indonesia (Pertina).

Dengan seabrek kegiatan yang menyita waktu, Muliaman Hadad selalu tampak bugar. Jarang sekali ia terlihat loyo atau stres. Ternyata kuncinya sederhana. "Ini tergantung bagaimana menyikapi pekerjaan. Kalau saya, enjoy saja. Jika dianggap sebagai beban memang bisa stres. Saya juga rajin berolahraga, tapi justru yang lebih penting itu hati. Artinya, kita bisa menjalani aktivitas dengan keikhlasan dan kesenangan," tutur dia.

Sumber : Investor Daily Indonesia

COMMENTS
LEAVE A REPLY
Name *
Email *
Website
Comment