WIKA Suntik Wika Realty Rp 150 Miliar

(Sabtu, 15 Agustus 2015) - PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) terus memperkuat permodalan PT Wika Realty. Baru-baru ini, WIKA kembali menyuntik modal anak usaha tersebut.
WIKA menyuntik dana tahap kedua ke WIKA Realty senilai Rp 150 miliar. "Akhir Juli lalu penambahan modal tahap II sudah kami lakukan," ujar Adji Firmantoro, Direktur Keuangan WIKA pada KONTAN, Jumat (14/8).

Penambahan modal tahap pertama dilakukan akhir Desember lalu. Suntikan tahap pertama ini juga Rp 150 miliar. Jadi total suntikan dana untuk WIKA Realty mencapai Rp 300 miliar. Dengan tambahan ini, kepemilikan WIKA di Wika Realty naik tipis dari 85,26% menjadi 85,4%.

Adji mengatakan, penguatan Wika Realty akan terus dilakukan, agar semakin mantap menancapkan taringnya di bursa melalui penawaran saham perdana alias Initial Public Offering (IPO) tahun depan. Wika Realty akan menggunakan dana segar ini untuk memperkuat lahan dan merampungkan pembangunan proyek yang sudah ada.

Tak hanva menyuntik modal, WIKA juga membantu Wika Realty mendapatkan lahan. WIKA tengah menjajaki kerjasama dengan dua perusahaan pelat merah, yakni PT Timah dan PT Adhi Karya Tbk (ADHI) untuk mengembangkan 176 hektare lahan di Bekasi melalui perusahaan patungan. "Kami bantu agar mempermudah Wika Realty. Sebab kalau dia sendiri yang maju lebih susah," tutur Adji.

WIKA juga akan membantu WIKA Realty mendapatkan lahan untuk dikembangkan dengan skema-skema joint venture. Menurut Adji, ketersediaan lahan menjadi kunci penting dalam pengembangan bisnis properti.

Adhi mengungkapkan, kondisi pasar dalam negeri masih bergejolak sehingga tidak tepat untuk lepas saham tahun ini. Jika dipaksakan, bisa-bisa hasilnya tidak maksimal.

Dia berharap, pasar saham segera pulih sehingga Wika Realty dapat segera melantai. Semula, target IPO Wika Realty per Oktober 2015. Perusahaan ini berencana melepas saham 35%-40% dengan target dana Rp 1 triliun.

Dina Miravanti Hutauruk

Sumber : Harian Kontan

COMMENTS
LEAVE A REPLY
Name *
Email *
Website
Comment